Selasa, 08 Oktober 2013

Dampak Ekonomi Penyelenggaraan Miss World di Indonesia

Ajang Miss World yang diadakan pada tanggal 8 - 28 September 2013 lalu menuai penolakan dari berbagai kalangan. Mereka yang menolak diselenggarakannya Miss World rata-rata mempermasalahkan pakaian yang akan dikenakan para finalis. MUI misalnya, mengkhawatirkan para peserta akan mengumbar aurat. Penolakan ini dijawab oleh pemerintah yang mengatakan bahwa peserta Miss World tidak akan mengenakan pakaian yang dianggap tidak sesuai dengan budaya Indonesia. Sebagai gantinya, para peserta mengenakan pakaian nasional Indonesia. 

Pemerintah pun mengklaim adanya dampak positif bagi Indonesia sebagai tuan rumah Miss World 2013. Penyelenggaraan Miss World akan mempromosikan budaya dan objek wisata Indonesia ke dunia Internasional. Kekayaan alam dan budaya kita akan diperkenalkan. Dan dengan adanya kehadiran jurnalis mancanegara yang meliput Indonesia diharapkan dapat memunculkan rasa penasaran bagi turis internasional untuk mengunjungi Indonesia. Hal ini akan memberikan dampak positif terhadap promosi pariwisata dan perekonomian Indonesia. 

Namun ada pula yang berpendapat lain. Menurut Forum Pemuda Islam Indonesia, kontes Miss World tidak memberikan dampak ekonomi yang besar bagi Bali maupun ekonomi nasional. Data statistik menunjukkan bahwa kontes Miss World tidak berdampak pada negara-negara penyelenggara maupun pemenang kontes. Contohnya Venezuela, pemenang Miss Universe tahun 2008 dan 2009, pertumbuhan wisatawan mancanegara -3% pasca kontes. Begitu pula dengan Jepang, pemenang tahun 2007 dan Canada, pemenang tahun 2005. Keduanya mengalami penurunan pendapatan dari wisatawan. 

Jadi, baik atau burukkah dampak penyelenggaraan Miss World 2013 di Indonesia? Kita berharap bahwa penyelenggaraan ajang ini dapat membantu pariwisata Indonesia dan meningkatkan pendapatan. Dan jika pun tidak, diadakannya Miss World di Tanah Air menimbulkan kesan bangga bahwa Indonesia dapat memperlihatkan budaya dan keindahan alam yang kita miliki di negeri ini. 

0 komentar:

Posting Komentar